Tidung Festival 2015

Rabu, 25 Februari 2015

Sebanyak 50 jajanan kue khas Kepulauan Seribu akan disajikan dalam acara Tidung Festival 2015 yang bertempat di lokasi wisata Jembatan Cinta, Pulau Tidung tanggal 07 Maret 2015 mendatang.

Tidung Festival 2015

Untuk mendukung kegiatan yang dilaksanakan Forum Mahasiswa Kepulauan Seribu (FMKS), Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU), Taman Baca Nyiur dan Sanggar Seribu Ceria, Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu menggelar rapat persiapan Tidung Festival di ruang serbaguna Kantor Bupati Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka, Jum’at (20/02/2015).

Mulai dari agenda dan lokasi kegiatan Tidung Festival yang akan dilaksanakan pada bulan Maret mendatang serta persiapan-persiapan pendukung lainnya menjadi pembahasan dalam rapat tersebut. Diantaranya memusatkan lokasi acara Tidung Festival di area Jembatan Cinta.

"Event yang di prakarsai pemuda-pemuda Pulau Tidung sejak tahun 2012 dan ini sudah yang ketiga kali. Selain itu, kita juga merangkul 30 pelajar dari Kanada dalam kegiatan ini." kata Tri Djoko Sri Margianto kepada beritapulauseribu.com.

Dijelaskannya, bahwa Pemkab Kepulauan Seribu hanya bersifat membantu terwujudnya kegiatan Tidung Festival 2015, tapi tidak mengambil alih.

"Kegiatan ini tetap akan dilaksanakan oleh adik-adik mahasiswa, kita hanya sebagai orang tua yang dari jauh ngawasin. Supaya jangan sampai ada yang kurang ini itu, tapi kita membuat cara agar mereka lebih mandiri,"ungkapnya.

Sementara itu, Andi Hakim Panitia Pelaksana Tidung Festival mengatakan pelaksanaan ini harus didukung dari berbagai pihak termasuk pemerintah setempat. Pasalnya, selain pelestarian budaya lokal seperti permainan kadal, galasing, petak umpet, inggo rombongan, telorong, bekel, ingke-ingke delapan dan juga ada pameran jajanan kue tradisonal khas Pulau Seribu dengan mengambil tema “Nostalgia Bersama, Lestarikan Warisan Budaya”.

"Kegiatan ini insya allah akan dihadiri oleh Kedutaan Kanada. Kami panitia melalui perwakilan pertukaran pelajar Indonesia – Kanada (PPIK) yang sudah dua bulan berada di Pulau Seribu mengundang untuk hadir dalam acara Tidung Festival,”ungkap alumnus Universitas Gajah Mada (UGM) ini.

Dia mengatakan, penyelengaraan event ini diharapkan bisa mengangkat kunjungan pariwisata ke Kepulauan Seribu, sehingga mampu meningkatkan kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD),"pungkasnya.

Daftar Nama Jajanan Kue Khas Pulau Seribu:
Celorot, Krupuk Cue, Geplak, Gegodo, Angsrut, Jepa, Belibar Manggis, Janda Mengandang, Bubur Ayak, Kue Abuk, Bebodor, Kue Intil, Podeng, Talam Belondo, Apem Moher, Maco, Kelepon, Lempeng Ketan, Kue Precet, Gengsot, Sengkolun, Gulali Beko, Lontrong, Rangi, Misro, Combro, Bacang, Kue Bangkit, Putu Mayang, Lempeng, Uler Bulu, Sagon, Ketimus, Kue Koci, Es Kemong, Gegemblong, Ciluk, Putu Ayu, Putu Mayang, Arisol, Ketan Srikaya, Apem Cukit, Apem Putih, Bujang Gemuk, Kue Ladu, Selendang Mayang, Orok-Orok, Kletus.

Reporter : Ahmad Zarkasih / ZM

Sumber

Ayo ramaikan kegiatan ini. Jika kalian ingin berkunjung kesana tapi masih kebingungan memilih agen travel, maka ARdventure adalah solusinya.

Silahkan segera hubungi kami di:

  1. HP/WA     : +62 81289916927
  2. Pin BB        : 2A3A63E1
  3. Email          : ardventure.id@gmail.com
  4. Twitter      : @ARdventure_ID

Anda juga bisa langsung mendaftar dengan mengisi formulir ini (pilih tujuan wisata Pulau Tidung).

Let’s enjoy the beauty of Indonesia on Kepulauan Seribu with ARdventure

Baca Juga

0 komentar

Terbanyak Dipilih

Paket Wisata Pulau Payung Homestay - Private Trip

Pulau cantik yang berlokasi di selatan Kepulauan Seribu ini menjadi bagian dari Kelurahan Pulau Tidung. Saat ini di Pulau Payung telah ters...